Senin, 19 September 2011

MATERI STRATEGI MENGHADAPI UJIAN


Menurut Sunawan dalam handout Bimbingan Konseling belajar pada halaman 49 -56 disebutkan beberapa strategi menghadapi ujian antara lain :
1.      Memprediksi soal tes
Sumber informasi dalam memprediksi soal tes diantaranya dari catatan dan tugas bacaan, atau ketika guru menugaskan membaca suatu buku, maka kita akan bisa menerka bahwa kemungkinan apa yang ditugaskan akan muncul. Informasi dari guru/ instruksi yang disampaikan dengan isyarat seperti “ Hal yang penting adalah...”, “mungkin bahasan... akan keluar dalam ujian”, “ Jangan sampai lupa tentang...” merupakan informasi yang dapat dijadikan bahan prediksi soal.
2.      Menghadai kecemasan tes
Kecemasan dalam menghadai tes sangat merugikan karena dapat menurunkan kinerja dalam mengerjakan tes. Ada tiga hal yang dilakukan dalam menghadai kecemasan antra lain :
a.       Melakukan persiapan tes seoptimal mungkin, mulai dari membuat buku teks, melengkap catatan, belajar secara sistematis, melakukan review pelajaran secara periodik, memprediksi soal dan melakukan latihan soal. Persiapan yang optimal dalam menghadapi tes membuat ujian dipandang sebagai tantangan dan bukan ancaman yang menimbulkan kecemasan.
b.      Mengembangkan sikap positif dan meningkatkan efikasi diri dalam menghadpi ujian. Cara pandang atau sikap terhadap keberhasilan maupun kegagalan sangat berpengaruh terhadap kecemasan dalam menghadapi ujian. Ketika kita memandang bahwa kegagalan adalah sesuatu yang mengancam dan membuat harga diri jatuh, maka kegagalan dalam ujianmerupakan suatu ancaman dan meningkatkan kecemasan dalam menghadai tes. Namun jika kegagalan diangap sebagai suatu bagian dari belajar secara optimal merupakan cara terbaik untuk mengantisipasinya, maka ujian atau tes dipandang sebagai bentuk tantangan. Efikasi diri merupakan keyakinan individu akan kemampuan dalam menyelesaikan suatu tugas, termasuk ujian. Efikasi diri dapat ditingkatakan dengan mengingat pengalaman keberhasilan di masa lalu, melakukan dan meyakini bahwa persipan ujian sudah maksimal, melihat keberhasilan orang lain, meyakini pada diri sendiri bahwa mampu menghadapi ujian, dan menjaga kesehatan serta kesegaran kondisi tubuh. Efikiasi yang tinggi dapat meningkatkan kepercayaan diri dalam mengerjakan soal ujian.
c.       Melakukan proses rileksasi
3.      Strategi menghadai ujian
Ada enam langkah yang perlu dilakukan dalam mengerjakan ujian. Berikut ini penjelasan masing – masing langkah :
1)      Mengikuti instruksi. Sebelum mengerjakan tes, sangat penting untuk memahami instruksi dalam mengerjakan tes terlebih dahulu. Bacalah instruksi tes setidaknya dua kali untuk memastikan bahwa kita benar – benar paham akan perintah dalam mengerjakan suatu tes.
2)      Mempreview soal ujian. Setelah memahami sal instruksi, jangan langsung mengerjakan soal melainkan preview ( lihat secara sekilas) dahulu soal yang akan dikerjakan. Melakukan preview memungkinakan untuk :
-          Mengetahui jumlah soal yang  harus dikerjakan.
-          Membagi waktu untuk mengerjakan soal yang memerlukan waktu untuk berfikir yang lebih pendek dan soal yang membutuhkan waktu berfikir lebih panjang.
-          Menegtahui jenis soal.
-          Mengetahui tingkat kesulitan soal.
-          Mengetahui pertanyaan yang paling memberikan nilai paling banyak.
-          Menetukan soal yang hendak dikerjakan terlebih dahulu.
-          Memikirkan pendekatan terbaik dalam mengerjakan tes.
3)      Merencanakan pendekatan. Beberapa pedoman yang dapat dijadikan merencanakan pendekatan mengerjakan soal yaitu :
-          Kerjakan soal dengan dimulai dari butir soal yang paling mudah supaya dapat mengerjakan sebanyak mungkin butir soal.
-          Lewati sulit atau memerlukan pemikiran lebih panjang dan kembali mengerjakan kemudian.
-          Jika tidak ada denda terhadap jawaban yang salah, maka kerjakan semua soal dan pastikan tidak ada yang terlewati.
-          Sisakan beberapa waktu menjelang akhir ujian untuk mereview  semua jawaban yang telah dibuat.
4)      Menerpakan rencana kepada tindakan.
5)      Mereview jawaban ujian. Tindakan ini dilakukan untuk memastikan bahwa semua soal telah dijawa dan jawaban yang diberikan merupakan jawaban yang dihasilkan dari kemampuan terbaik. Sangat bijak untuk melakukan review selama dua kali dan mereview baik soal maupun jawaban yang diberikan.
6)      Mengevaluasi hasil. Evaluasi sangat berguna untuk mempersipakan ujian di masa mendatang. Evaluasi diarahkan untuk menilai setiap pengerjaan soal ( baik kelebihan maupun kelemahan), apakah sudah mengikuti perintah ? Apakah menyelesaikan semua soal?, apakah sudah menerapkan pendekatan dan strategi mengerjakan soal secara efektif sehunga adapt menghemat waktu?, pendekatan kata evaluasi terhadap hasil tidak hanya dilakukan terhadap nilai ujian yang diperoleh tetapi juga proses melaksanakan ujian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hopefully benefit